Cara Ampuh Memulai Bisnis Mahasiswa

By. Gm.Susanto

Bisnis MahasiswaBisnis mahasiswa kian marak sekarang, walaupun bisnis yang melibatkan kaum intelektual kampus bukan hal yang baru.

Namun, jika dulu bisnis yang digeluti mahasiswa merupakan bisnis konvensional baik dari cara penjualan, pemasaran hingga ruang lingkup bisnis itu sendiri, sekarang bisnis mahasiswa telah berkembang sesuai kemajuan zaman dan teknologi. Begitu pula dengan pergeseran motif berbisnis.

Jika dulu sebagian mahasiswa berbisnis atau bekerja karena tuntutan ekonomi, maka bisnis mahasiswa pada saat ini lebih mengacu pada kemandirian mahasiswa sekaligus ajang berkreasi dan berlatih menghadapi situasi bekerja yang sesungguhnya.

Beragamnya model bisnis atau pekerjaan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa, mengharuskan mahasiswa untuk mengetahui dengan tepat bisnis mahasiswa yang cocok bagi dirinya.

Ada jenis bisnis yang masih konvensional, tetapi ada pula bisnis yang bahkan bisa dilakukan secara online. Begitu pula dengan waktu kerja pada beberapa bisnis untuk mahasiswa yang menyediakan part time, freelance atau full time untuk sebagian mahasiswa yang mempunyai waktu lebih.

Berikut beberapa tips bisnis mahasiswa yang harus diperhatikan

1. Sebelum memulai mencari informasi atau lowongan dari bisnis mahasiswa yang diinginkan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah Tentukan Jadwal, bukan waktu luang semata.

Komitmen tersebut mutlak dilakukan dalam memulai bisnis. Karena setiap perusahaan atau pihak yang menyediakan bisnis mahasiswa, tentu telah menerapkan aturan, model dan metode bisnis yang disesuaikan dengan kemampuan waktu mahasiswa.

Dengan asumsi itulah, maka mahasiswa yang ingin memulai berbisnis harus menyadari bahwa disiplin adalah syarat dan tolok ukur terhadap keberhasilan pekerjaan yang diberikan. Sehingga setiap jenis bisnis mahasiswa yang anda lakukan dapat berjalan lancar.

Menentukan jadwal adalah modal awal anda untuk memperoleh hasil maksimal.

2. Kenali Bakat/Kompetensi.

Kadangkala bakat atau kemampuan terbaik seseorang tidak selalu sama dengan bidang studi yang digelutinya.

Dalam melakukan bisnis mahasiswa, akan lebih baik jika tipe bisnis tersebut mendukung bakat yang anda miliki.

Dengan begitu, anda tidak akan merasa terbebani maupun tertekan dalam menjalankan bisnis untuk mahasiswa tersebut. Karena, siapapun anda yang memilih kuliah sambil bekerja berarti anda tetap menomorsatukan kuliah dan menjadikan bisnis untuk mahasiswa yang anda jalankan sebagai bentuk melatih kemandirian.

Berdasarkan motivasi ini, maka melakukan bisnis untuk mahasiswa yang sesuai dengan bakat dan minat anda, akan menjadikan proses kemandirian lebih menyenangkan.

Tips ampuh lain yang harus diperhatikan dalam bisnis mahasiswa

1. Cari Informasi Lengkap.

Dibutuhkan informasi yang lengkap tentang bidang pekerjaan yang anda minati sebelum anda memutuskan untuk melamar bisnis mahasiswa tersebut. Dan carilah informasi yang lengkap di setiap perusahaan yang menyediakan bisnis mahasiswa. Dengan informasi yang lengkap, anda akan dapat menentukan jenis, perusahaan maupun honor yang mungkin anda dapatkan, jangan ‘membeli kucing dalam karung’.

Pastikan informasi yang anda dapatkan akurat dan valid. Jangan tergiur pada rupiah yang mungkin didapat. Tetap gunakan logika dalam menentukan dan memilih bisnis untuk mahasiswa yang ingin anda lakukan.

2. Modal.

Tips yang keempat inilah yang mungkin seringkali dilupakan sebagian mahasiswa yang ingin memulai berbisnis. Padahal modal awal selalu diperlukan dalam setiap bisnis apapun termasuk bisnis mahasiswa. Tidak ada bisnis yang dimulai secara gratis. Seperti pepatah no pain no gain, maka setiap bisnis memerlukan modal pribadi walaupun bisnis yang dikerjakan milik orang lain.

Rancangan dan rencana modal harus diperhitungkan dalam memulai bisnis mahasiswa setelah tips ketiga dilakukan. Sehingga anda, mahasiswa, dapat menilai ulang apakah bisnis yang anda lakukan menguntungkan atau menjadi pekerjaan amal?

Setelah beberapa tips di atas anda kerjakan, maka langkah selanjutnya segera lakukan bisnis mahasiswa baik secara pribadi maupun kolektif. Sebelum rencana anda menjadi sia-sia. Selamat memulai dan saya tunggu cerita sukses dari Anda :)

Silahkan Anda dapatkan panduan yang lebih detil dan proven tentang RAHASIA TERSEMBUNYI Dari Seorang Mahasiswa Yang Memulai Bisnisnya Dengan Modal 350 ribu perak, Namun Menghasilkan PROFIT Sampai 350 Juta Rupiah Setahun, AKAN DIBEBERKAN, klik di halaman ini bisnis mahasiswa