Manajemen Investasi, Sesuatu Yang Penting atau Abaikan Saja

By. Gm.Susanto

Manajemen InvestasiManajemen investasi merupakan sebuah manajemen profesional yang menghandle atau mengelola sekuritas surat berharga semacam saham atau obligasi untuk kepentingan investor untuk mencapai tujuan investasi, tapi jika anda bertanya perlukah manajemen investasi ini, mari kita lihat terlebih dahulu.

Manajemen investasi memiliki ruang lingkup pelayanan yang meliputi analisa keuangan, pemilihan terhadap aset dan saham, perencanaan dan pemantauan terhadap investasi, dengan manajemen investasi ini para investor tidak perlu susah payah untuk memantau investasinya secara terus-menerus, tapi para profesional yang tergabung dalam manajemen investasi akan melakukannya untuk para investor tersebut.

Selain itu untuk saat ini manajemen investasi tidak hanya bergerak dalam bisnis keuangan saja, tapi juga di bidang lainnya termasuk proyek, merek, dan paten.

Perusahaan yang bergerak di bidang manajemen investasi memperkerjakan banyak manajer investasi atau kita bisa sebut juga profesional yang bekerja untuk melakukan penelitian, menjalankan fungsi pesanan dan perdagangan, penyelesaian transaksi, audit dan pemasaran serta mempersiapkan laporan untuk nasabahnya.

Sebuah manajemen investasi harus mempunyai peranan secara aktif untuk memantau kinerja dari perusahaan yang sahamnya di miliki oleh nasabahnya.

Tentunya anda berpikir sebuah manajemen investasi pasti memiliki keuntungan yang besar di lihat dari fungsi kerjanya yang bisa dikatakan hampir seluruh aktivitas keuangan, tapi walaupun begitu bukan berarti sebuah perusahaan manajemen investasi tidak memiliki kendala, semua jenis perusahaan atau kegiatan perekonomian selalu mempunyai kendala.

Kendala yang di miliki oleh sebuah perusahaan manajemen investasi di antaranya :

1.laba kotor yang diperoleh langsung terkait dengan evaluasi pasar, sehingga laba ini bisa langsung menurun drastis apabila adanya penurunan nilai pasar dari aset.

2.sangat sulit untuk mempertahankan kinerja pengelolaan investasi untuk tetap berjalan di atas nilai rata-rata, dan para nasabah biasanya tidak memiliki kesabaran saat kinerja ini menurun.

3.salary yang dimiliki oleh seorang manajer investasi sangat mahal, dan hal ini mempunyai kemungkinan untuk sebuah persaingan

4.pencapaian kinerja di atas rata-rata merupakan keahlian yang khusus dan unik dari seorang manajer investasi atau dari sebuah perusahaan manajemen investasi, tapi terkadang nasabah jarang menghargainya dan melihat kesuksesan perusahaan yang berdasarkan filosofi dan disiplin internal.

5.analis yang memiliki kemampuan untuk mempertahankan kinerjanya terkadang memiliki keuangan yang mapan sehingga seringkali menolak tawaran dari perusahaan dan memilih untuk mengelola portofolionya sendiri.

Lalu jika anda tertarik menggunakan jasa sebuah perusahaan manajemen investasi ini mungkin anda perlu memperhatikan beberapa hal di antaranya :

1.perhatikan track record dari sebuah perusahaan manajemen investasi terutama dari hasil kinerja jangka panjang, tingkat konsistensinya atau mungkin kita bisa bilang kinerjanya, filosofi dari investasi di adopsi, dan jumlah aset yang di kelola dari sebuah perusahaan manajemen investasi.

2.perhatikan latar belakang dari sebuah manajemen investasi, jam terbang serta pengalaman dari para pengelola dana.

3.perikasalah kualitas dari informasi yang diberikan oleh sebuah manajemen investasi, akurasi, kemuktahiran dan kelengkapannya.

4.kualitas dari klien service dari sebuah manajemen investasi pun harus di perhatikan, karena sebagai klien kita juga pasti ingin melakukan diskusi, interaksi dan langkah-langkah yang di ambil dalam menangani masalah.

Kembali ke pertanyaan apakah anda memerlukan sebuah manajemen investasi dalam mengelola investasi anda ?

Manajemen investasi di butuhkan jika anda merupakan seseorang yang kurang pengetahuannya mengenai investasi, sebuah hal yang mungkin harus di miliki untuk mengurangi kerugian yang kemungkinan akan di dapatkan oleh seorang investor, tapi jika anda merasa mampu untuk menjalankan sebuah manajemen investasi atau mempunyai kemampuan dan yakin dengan kemampuan anda maka sebuah manajemen investasi mungkin tidak di perlukan.

Jadi kebutuhan sebuah manajemen investasi itu tergantung dari tingkat kepercayaan diri anda dalam kemampuan anda dalam mengelola bisnis keuangan anda atau investasi anda, karena dalam hal ini ruang lingkup yang di miliki hampir seluruh aktivitas perekonomian, bagaimana apakah anda yakin dengan kemampuan anda ?

Silahkan Anda dapatkan panduan yang lebih detil dan proven tentang JURUS-JURUS AJAIB Dalam MEMBANGUN BISNIS Di 2 KUADRAN Dengan Menggunakan IDE, Tenaga dan Uang Orang Lain Tanpa Mengeluarkan Modal Besar Dari Dompet Anda Sendiri, klik di halaman ini manajemen investasi