Home » Tips Memulai Bisnis » Membayar Hutang

Membayar Hutang

Kiat-kiat Membayar Hutang

Membayar HutangMembayar hutang : Hampir semua manusia pernah atau malah sedang terlilit hutang. Bahkan orang yang terlihat seperti orang kaya ataupun berduit seringkali terlilit hutang yang jumlahnya kalau disebutkan bisa membuat mulut kita ternganga.

Betapa tidak, karena hutang yang sudah bertahun=tahun dengan bunga yang semakin membumbung tinggi ke langit, anda bisa bayangkan berapa jumlah nominal dari hutang yang tadinya hanya sejumlah sekian rupiah.

Umumnya, orang terlilit hutang karena ia tidak mampu membayar hutang dan bunga yang dikenakan oleh si pemberi hutang.

Ini berlaku baik untuk hutang kartu kredit, hutang perorangan maupun hutang rentenir. Pada dasarnya hutang pokok seseorang adalah tetap.

Yang menjadi masalah adalah bunga yang tinggi yang dikenakan dan kian menumpuk. Selain tidak mampu membayar hutang pokoknya, orang tersebut juga tidak bisa membayar hutang bunga yang jumlahnya semakin membengkak.

Alhasil, orang tersebut seolah masuk ke dalam jurang hutang. Tidak mudah baginya untuk menghapus ataupun melunasinya.

Beberapa sebab mengapa orang berhutang dan sulit membayar hutang

Ada yang karena kemiskinan berhutang untuk membeli sembako untuk makan sehari-hari, ada yang berhutang karena harus membayar biaya rumah sakit yang tinggi, yang lain berhutang karena butuh modal usaha, ada lagi yang berhutang karena ingin mengikuti tren dan gaya hidup.

Intinya, seseorang berhutang karena pengeluaran atau belanjanya lebih besar dari pemasukan yang ia terima. Tetapi, bagi anda yang terlilit hutang, jangan kuatir.

Pasti selalu ada jalan untuk menyelesaikan masalah anda. Hanya, mungkin memang butuh ketekunan dan pengorbanan yang cukup besar dari anda untuk membawa anda keluar dari jurang hutang anda.

Di bawah ini, beberapa kiat-kiat membayar hutang yang mungkin dapat anda terapkan untuk membantu membebaskan anda dari hutang:

Kiat-kiat sukses membayar hutang

– Kiat-kiat membayar hutang yang pertama, Mulailah hidup berhemat.

Kiat-kiat membayar hutang ini mutlak diperlukan. Coba atur pendapatan anda sedemikian rupa sehingga anda memiliki sedikit sisa uang untuk mencicil membayar bunga hutang anda.

Dalam kiat membayar hutang, anda harus bisa mendapatkan kebutuhan sehari-hari anda dengan harga yang lebih murah agar sisa uang yang ada bisa dipakai untuk tujuan tersebut.

Kalau hutang anda berupa kartu kredit, usahakan untuk selalu membayar minimum payment yang ditentukan oleh bank atau instansi yang mengeluarkan kartu kredit tersebut.

Dengan membayar minimum payment, anda tidak akan dikenakan bunga – anda tahu kan betapa besarnya bunga yang dikenakan di kartu kredit.

– Kiat membayar hutang yang kedua yaitu buat prioritas. Kiat membayar hutang ini pergunakan uang yang ada hanya untuk membeli barang maupun keperluan pokok saja.

Kiat membayar hutang ini, Anda harus rela untuk sementara tidak makan di restoran, perawatan kecantikan di salon atau menahan keinginan anda untuk beli baju baru. Pakai uang tersebut untuk membayar hutang anda.

Lupakan keinginan untuk liburan, karena itu hanya akan memperbesar hutang anda. Kelak, ketika anda sudah bebas dari hutang, anda bisa mulai merancang kembali semuanya.

– Kiat membayar hutang yang ketiga yaitu cari penghasilan tambahan.

Kiat membayar hutang ini penting, karena kita tidak bisa lepas dari hutang dengan hanya mengandalkan pendapatan kita sekarang. Gunakan keahlian dan kreatifitas anda untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Alokasikan sebagian untuk menutup hutang anda. Jangan harap kalau anda malas, hutang anda akan lunas, alih-alih makin meningkat dan membengkak.

– Kiat membayar hutang yang ketiga yaitu setelah anda bisa melewati masa kritis ini dan anda pad akhirnya bebas dari segala jerat hutang, mulai terapkan pola pengelolaan uang yang baik. Kiat membayar hutang ini, jangan pernah membeli sesuatu karena anda ingin.

Tetapi belilah sesuatu karena anda memang memerlukannya. Bagi yang mempunyai kartu kredit, sebaiknya langsung anda tutup, untuk menghindari masalah di kemudian hari.

Leave a Reply

JawabanPasti.com


Copyright © 2012-2014