Home » Mengatur Keuangan » Mengatur Keuangan Untuk Belanja

Mengatur Keuangan Untuk Belanja

Tips Mengatur Keuangan Untuk Belanja

By. Gm.Susanto

Mengatur Keuangan Untuk BelanjaMengatur keuangan untuk belanja memang gampang-gampang susah. Gampang ketika penghasilan keluarga cukup banyak dan bisa memenuhi semua kebutuhan rumah tangga.

Susah jika ternyata penghasilan sedikit dan sering terjadi kebutuhan mendadak seperti ada anggota keluarga yang sakit atau tertimpa musibah.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti uang kekurangan uang belanja di akhir bulan, sangat penting untuk mengatur keuangan untuk belanja di setiap awal bulan atau setelah gajian.

Dengan adanya perencanaan dalam mengatur keuangan untuk belanja, anda akan lebih terkontrol saat melakukan pengeluaran.

Berikut ada beberapa tips dalam mengatur keuangan untuk belanja yang bisa anda ikuti

1. Buat anggaran yang baik.

Pertama-tama, sebelum mengatur keuangan tentunya anda harus membuat anggarannya terlebih dahulu. Anggaran belanja yang sesuai dengan penghasilan yang anda dapatkan setiap bulannya.

Mengatur keuangan untuk belanja seperti keperluan makanan sehari-hari yang belanja di pasar atau supermarket. Kebutuhan kebersihan seperti shampoo, sabun, detergen, pasta gigi, pewangi ruangan, dan sebagainya.

Keperluan transportasi seperti bensin atau angkot, entertainment seperti langganan majalah, dan sebagainya. Dengan adanya anggaran ini, memudahkan bagi anda untuk mengatur keuangan untuk belanja agar tidak kebobolan.

Tentunya dalam mengatur keuangan belanja ini juga diperlukan diskusi dengan anggota keluarga lain mengenai kebutuhan mereka.

2. Bagi-bagi amplop.

Tentunya maksud bagi-bagi amplop di sini bukannya anda memberikan uang pada banyak orang. Namun, buatlah pengeluaran anda selama satu bulan dibagi-bagi dalam amplop yang berbeda. Semisal untuk belanja sehari-hari yang mana tiap bulan rata-rata 30 hari, anda bisa menyiapkan 10 amplop.

Anda bisa mengatur keuangan untuk belanja harian seperti sayur, buah, dan bumbu dapur dalam amplop tersebut. Keperluan dalam tiga hari dalam satu amplop.

Jangan lupa untuk dibubuhkan tanggal di amplop tersebut. Lalu mengatur keuangan untuk belanja bulanan dan kebutuhan rumah dalam satu atau dua amplop. Tentukan besarnya sesuai dengan anggaran yang sudah direncanakan.

3. Langsung bayar.

Mengalokasikan dana untuk pengeluaran rutin seperti bayar listrik, air, telepon, KPR rumah, SPP anak dan pengeluaran lain yang jumlahnya tetap juga penting dalam mengatur keuangan untuk belanja.

Pengeluaran rutin seperti itu sebaiknya langsung dibayarkan saat gaji sudah diterima. Karena dengan langsung membayarkannya, anda jadi tahu berapa uang yang tersisa dalam mengatur keuangan untuk belanja yang sifatnya sehari-hari.

Langkah lain yang bisa anda perhatikan dalam mengatur keuangan untuk belanja

1. Sisihkan yang tersisa.

Biasanya, dalam mengatur keuangan untuk belanja pada prakteknya ada yang kurang di satu sisi dan kelebihan di sisi lain. Usahakan jangan sampai ada subsidi silang. Mungkin anda tergoda untuk mengambil uang dari amplop lain dan digunakan untuk pembayaran amplop lain yang sudah kosong.

Sebaiknya hal ini jangan terjadi karena malah akan mengacaukan rencana anda dalam mengatur keuangan untuk belanja. Sebaiknya, yang ada sisa tetap disisihkan dan ditabung. Sedangkan bila kekurangan di sisi lain, langsung berhemat. Biasakan memasukkan kembalian uang belanja yang berupa recehan ke dalam celengan.

2. Belanja yang perlu.

Seringkali anda lupa mana barang belanja yang anda inginkan atau anda butuhkan. Hal ini dapat mengganggu anggaran dalam mengatur keuangan untuk belanja. Jangan terlalu konsumtif akan barang-barang yang tidak perlu apalagi yang mahal.

Contohnya seperti belanja pakaian. Mengatur keuangan belanja bahan sandang ini dapat dilakukan dalam beberapa bulan sekali. Tidak harus satu bulan sekali memborong pakaian. Ataupun mainan anak-anak. Belikan mereka pada event-event tertentu dan ajarkan untuk merawatnya dengan baik.

Dalam mengatur keuangan untuk belanja, memang sulit pada awalnya dan butuh kedisiplinan. Apalagi jika penghasilan yang didapat tidak banyak. Membuat anggaran saat mengatur keuangan untuk belanja pasti kesulitan. Namun manfaatnya akan sangat terasa bila anda telaten menjalaninya.

Silahkan Anda dapatkan panduan yang lebih detil dan proven tentang bagaimana 3 RESEP CESPLENG Menjalankan Bisnis Tanpa Anda Harus Terlibat Operasional Bisnis Setiap Hari, Untuk ORang Sibuk Seperti Anda, klik di halaman ini Mengatur Keuangan Untuk Belanja

Leave a Reply

JawabanPasti.com


Copyright © 2007-2014